h1

piutang & konservatisme

Maret 22, 2009

PIUTANG & PRINSIP KONSERVATISME

(Sebuah pemikiran bebas)

Piutang (pendapatan yang belum tertagih) sebagai salah satu komponen yang disertakan ke dalam perhitungan kekayaan yang diperkenankan (admitted assets) adalah hal yang sangat menarik untuk diperhatikan karena tidak akan ada satu perusahaan pun yang tidak memiliki rekening piutang dalam laporan keuangannya.

KMK No. 224/1993 tentang “Kesehatan Keuangan Perusahaan Asuransi dan Reasuransi” mengatur bahwa piutang milik perusahaan asuransi dan reasuransi (piutang premi, reasuransi dan hasil investasi) dapat disertakan kedalam perhitungan admitted assets selama masa jatuh temponya tidak melebihi 3 bulan. Sesungguhnya ketentuan ini sejalan dengan prinsip “Konservatisme” dalam dunia Akuntansi yang berarti menyajikan suatu jumlah berdasarkan kemungkinan terburuk. Dengan kata lain, piutang yang melewati tempo 3 bulan sudah tidak dapat diandalkan lagi sebagai kekayaan perusahaan.

Dan masalahpun muncul, mengingat sebagian besar perusahaan asuransi memiliki jumlah piutang yang tinggi dan berumur lebih dari setahun. Apakah batas umur 3 bulan tersebut relevan? Apakah piutang berumur 6 bulan atau 1 tahun benar-benar tidak dapat diandalkan alias tidak berprospek lagi?

Jika kita ingin tetap konsisten dalam penerapan prinsip konservatisme atas piutang perusahaan asuransi dan reasuransi, tidakkah lebih baik apabila piutang yang berumur lebih dari 3 bulan dicatat dalam rekening piutang tak tertagih sebagaimana ditetapkan oleh Peraturan dan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Indonesia yang digunakan secara umum. Dengan demikian posisi piutang sebagai komponen admitted assets benar-benar digambarkan secara jelas dan tidak terkesan memberikan informasi secara “tebak-tebakan” yang sama sekali tidak relevan dengan prinsip Konservatisme yang sebenarnya kita anut.

Disadur dari Adhinanto.

One comment

  1. bagus banget tulisan kamu..



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: