h1

Piutang

Maret 29, 2009

PIUTANG

Piutang adalah:merupakan kebiasaan bagi perusahaan untuk memberikan kelonggaran kepada langanan-laganannya pada waktu melakukan penjualan. Kelongaran-kelongaran yang di berikan biasanya dalam bentuk memperbolehkan langganan membayar kemudian atas penjualan barang atau jasa yang dilakukan. syarat jual beli yang menunjukkan penjualan kredit misalnya: 2/10, n/30.

Piutang dapat di kelompokkan menjadi dua:

1. Piutang dagang

Piutang yang berasal dari penjualan barang dan jasa yang merupakan kegiatan utama perusahaan.

2. Piutang lain-lain

Misalnya: piutang pegawai, piutang bunga, piutang dari perusahaan afiliasi, piutang persero dan lain-lain.

v Penilain dan pelaporan

Piutang di nilai sebesar jumlah yang di harapkan dapat diterima. Jumlah ini belum tentu sama dengan jumlah yang secara formal tercantum sebagai piutang, Perbedaan di sebabkan perusahan telah mengurangkan dari jumlah piutangnya, penyisihan tehadap piutang-piutang yang tidak tertagih. Konsep penilaian demikian menunjukkan bahwa aktiva harus dinilai sebesar manfaat yang akan di terima di masa mendatang.

v Penyisihan piutng tak tertagih

Pada dasarnya terdapat dua cara:

1.Berdasrkan saldo piutang

Dapat dilakukan dengan jalan menetapkan suatu persentase terhadap saldo piutang. Biasanya saldo yang dipakai adalah rata-rata antara saldo piutang pada awal dan pada akhir.

2.Penyisihan atas dasar saldo penjualan

Dilakukan dengan menetapkan suatu persentase tertentu terhadap penjualan.Sedapat mungkin angka penjualan yang di pakai adalah penjualan kredit, tetapi apabila untuk memperoleh angka tersebut diperlukan terlalu banyak waktu dan biaya maka persentase dapat juga didasarkan atas total penjualan.

v Penghapusan piutang

Penyisihan piutang tak tertagih merupakan pembebanan biaya atas kemungkinan rugi karena tak tertagihnya piutang.Jumlah yang tercantum di dalamnya merupakan suatu taksiran karena, tidak dapat diidentifikasi , maka penyisihan piutang tak tertagaih dicatat dalam perkiraan terpisah, maka dengan cara ini piutang menurut nama debitur berdasarkan jumlah brutonya masih dapat di buat.

v Metode Penghapusan Piutang

Apabila pada suatu saat di ketemukan bahwa piutang dari debitur tertentu oleh karena suatu sebab tidak akan tertagih dan manajemen perusahaan memutuskan untuk menghapuskannya, maka baru pada saat inilah kerugian karena tidak tertagihnya piutang dapat di catat.

v Umur piutang

Agar dapat di ketahui berapa lama piutang suatu langganan sudah berlalu, daftar piutang biasanya di kelompokkan menurut umur. Umur piutang adalah jangka waktu sejak di catatnya transaksi penjualan sampai dengan saat dibuatnya daftar piutang. Biasanya umur piutang di kelompokkan menurut jumlah hari tertentu, misalnya: piutang yang berumur 1-30hari, 31-60hari, 61-90hari dan seterusnya.

Disadur dari beberapa sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: